Ketika Tak Tahu Ke Mana Arah Hidupmu, Teruslah Melangkah Jangan Menyerah


Dinas Pendidikan Rokan Hulu akan meluncurkan buku Budaya Melayu bagi siswa sekolah menengah. Tahap awal, buku tersebut akan diberikan 20 eksemplar ke setiap sekolah dan selanjutnya pihak sekolah yang akan memperbanyak buku tersebut.  Buku ini diharapkan akan dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang sejarah dan budaya Melayu, khususnya Rokan Hulu kepada generasi muda.

Buku Budaya Melayu tersebut berisikan sejarah yang terdapat di lima luhak Kabupaten Rokan Hulu. Dimana dari lima luhak tersebut akhirnya terbentuknya Kabupaten Rokan Hulu. Dalam buku ini juga menjelaskan tentang raja raja yang pernah ada di luhak tersebut. Selain itu, dalam buku Budaya Melayu Rokan Hulu juga akan menjelaskan tentang norma adat serta aneka masakan khas Melayu Rokan Hulu.

Demikian penjelasan Kepala Dinas Pendidikan Rokan Hulu, HM Zein M kepada wartawan usai rapat finalisasi penyempurnaan buku Budaya Melayu Rokan Hulu sebelum dilakukan  pencetakan dan peluncuran ke sekolah-sekolah. Finalisasi berlangsung di Ruang Rapat Lembaga Adat Melayu Riau Rokan Hulu, Rabu ( 07/11) dan dihadiri pengurus LAM Rohul.

Dikatakan, dalam waktu dekat buku Melayu Rokan Hulu akan dibagikan kepada seluruh sekolah, termasuk sekolah swasta dan yayasan. Namun sebelum pembagian buku tersebut dilakukan, Dinas Pendidikan akan memanggil seluruh kepala sekolah dan kepala UPTD untuk minta buku tersebut masuk sebagai salah mata pelajaran muatan lokal, sehingga budaya Melayu Rokan Hulu ke depan tidak akan hilang di muka bumi dan terus dikenal generasi muda.

�Sebelum peluncuran buku melayu Rokan Hulu ini, kita melakukan rapat finalisasi atau penyempurnaan buku buku. Sehingga pada saat peluncuran nanti, buka buku ini sudah tersusun dengan sempurna,� ujarnya.

Ditambahkan, tahap awal  buku Melayu Rokan Hulu hanya dibagikan 20 eks setiap sekolah, karena anggaran pencetakan buku tersebut terbatas dengan sumber dana APBD Perubahan Rokan Hulu tahun 2012. Diharapkan, dengan peluncuran buku ini masyarakat Rokan Hulu akan mengetahui bagaimana sejarah Rokan Hulu yang terdiri dari lima luhak ini dan bagaiamana kehidupan sosial masyarakat zaman dulu, termasuk cara pemberian gelar datuk dan beberapa penjelasan lain yang tertuang dalam buku ini. (epi)