struktur Organisasi


struktur Organisasi

STRUKTUR ORGANISASI

 

Rokan Hulu merupakan Kabupaten pertama yang memberlakukan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah. Sebelumnya telah diterbitkan Peraturan Daerah Nomor 24 Tahun 2007 tentang Organisasi Kecamatan dan Kelurahan Kabupaten Rokan Hulu dan berdasarkan pertimbangan perlu ditinjau kembali dengan memperhatikan peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi dan prinsip-prinsip pembentukan perangkat daerah antara lain urusan yang dimiliki, karakteristik, potensi, kebutuhan, kemampuan serta visi dan misi daerah, dipandang perlu untuk membentuk, mengatur dan menata kembali susunan Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Rokan Hulu dengan menetapkan Peraturan Daerah tentang Organisasi Perangkat Daerah.Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Rokan Hulu Nomor 4 Tahun 2011 tentang Organisasi Perangkat Daerah sebagai berikut:

Adapun Struktur Organisasi Kecamatan Tambusai adalah sebagai berikut:

  1. Camat;
  2. Sekretaris, membawahi :
  3. Subbagian Umum dan Perencanaan;
  4. Subbagian Keuangan dan Perlengkapan;
  5. Subbagian Pelayanan Umum.
  6. Seksi Tata Pemerintahan;
  7. Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Desa;
  8. Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum;
  9. Kelompok Jabatan Fungsional.

Untuk lebih jelasnya, bagan struktur organisasi Kecamatan Tambusai  dapat dilihat pada lampiran.

Uraian tugas pokok dan fungsi Kecamatan Tambusai sesuai dengan Peraturan Bupati Rokan Hulu Nomor 17 Tahun 2011 tentang Uraian Tugas Jabatan Struktural pada Kecamatan dan Kelurahan Kabupaten Rokan Hulu adalah sebagai berikut:

Tugas pokok Camatan Tambusai adalah membantu Bupati dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan serta melaksanakan tugas pemerintahan lainnya yang tidak termasuk dalam tugas perangkat daerah berdasarkan peraturan perundang-undangan.

 

Sedangkan fungsi Camatan Tambusai adalah:

Penyusunan visi dan misi kecamatan yang sesuai dengan visi dan misi daerah;

Mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan;

Pengkoordinasian setiap kebijakan kecamatan;

Pembinaan administrasi perkantoran;

Pendistribusian tugas-tugas kepada bawahan menurut prinsip-prinsip manajemen;

Penyelenggaraan pembinaan dan pelayanan masyarakat;

Pengkoordinasian penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum;

Pengkoordinasian pelaksanaan perlindungan dan pemberdayaan masyarakat;

Pembinaan tata laksana pemerintahan kecamatan.

1. Camat

2. Sekretaris Kecamatan

3. Kasi Tata Pemerintahan

4. Seksi Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Kelurahan

5. Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum